Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kamu ingin tetep sehat ketika melaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan? Nyong akan memberikan beberapa tips atau cara untuk kita semua. Mari menyimak 8-)

1. Menghindari Tidur Setelah Sahur
    Kebiasaan orang indonesia adalah bangun untuk makan sahur terlalu awal, sehingga mereka tertidur kembali setelah makan sahur karena merasa mengantuk. Tertidur setelah sahur akan membuat kita merasa lemas di siang hari, kenapa? Karena ketika kita tidur, ada sejumlah kalori yang terbakar.
    Karena kebiasaan itu juga, tak jarang kita tertinggal shalat Subuh tepat waktu. Maka dari itu, mari kita hindari kebiasaan tidur setelah makan sahur.

2. Jangan Malas
    Puasa bukan berarti membuat kita dapat bermalas-malasan, karena bermalas-malasan sendiri tidak dianjurkan dalam Islam. Tetap melakukan aktifitas seperti biasanya, tentu saja kita harus melakukan aktifitas positif dan karena Allah SWT agar aktifitas kita dapat mendatangkan pahala. aamiin

3. Usahakan Tidur dengan Cukup
    Pada saat tidur, sel-sel otot dan organ tubuh akan beristirahat sehingga dapat pulih kembali. Tidur siang di bulan Ramadhan juga merupakan hal yang baik, selama tidur kita tidak berlebihan.
    Tidur berlebihan juga tidak baik, karena dapat menyebabkan tubuh lemas dan tidak segar.

4. Menyegerakan Berbuka
    Berbukalah dengan segera ketika sudah masuk waktu untuk berbuka, karena menyegerakan berbuka juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Dari Sahl bin Sa'ad bahwa Rasulullah SAW bersabda :
                 "Umat manusia akan tetap baik selama mereka menyegerakan buka puasa"
    Ketika berbuka juga kita dianjurkan untuk terlebih dahulu memakan makanan yang manis. Jika memang tidak ada makanan yang manis saat berbuka, kalian dapat makan sambil memandang potret saya. wkwk
    Kenapa makanan manis? Karena perut akan lebih menerima makanan yang manis ketika perut dalam keadaan kosong.

5. Konsumsilah Makanan Berserat
    Perbanyaklah mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kandungan air pada makanan berserat cukup tinggi sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

6. Perbanyak Air Putih
    Perbanyaklah minum air putih agar kita terhindar dari dehidrasi atau kekeringan pada tubuh pada saat melakukan aktifitas di siang hari. Cukupilah kebutuhan air dalam tubuh, yaitu dengan meminum air putih 8gelas sehari.
    Pada saat puasa, kita dapat melakukannya dengan cara :
       a. 2 gelas pada saat sahur
       b. 2 gelas pada saat berbuka
       c. 2 gelas setelah shalat Tarawih
       d. dan 2 gelas sebelum tidur.

7. Tetaplah Berolahraga
     Olahraga merupakan kunci agar tubuh kita tetap sehat dan bugar, dan lagi melakukan aktivitas olahraga ketika berpuasa akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon insulin yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita.
     Olahraga juga merupakan solusi yang dapat kita lakukan ketika kita merasakan kantuk pada pagi hari. Kita dapat melakukan beberapa olahraga ringan pada saat berpuasa, seperti: senam pagi, jogging, bersepeda, dan masih banyak lagi pilihan olahraga yang dapat kita lakukan.

Sekian, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua aamiin. Arigatto :)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

3 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih
      Semoga bermanfaat 😇

      Delete
  2. yg paling banyak dilakukan orang adalah tidur setelah sahur.
    Silaturrahmi ke blog sy Hahuwa Blog atau Almustari Blog

    ReplyDelete