Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Laptop anda lemot dan mau tahu cara mengatasinya? Let's we see!

Banyak yang mengeluh saat menggunakan windows 7 karena lemot saat digunakan, padahal menurut Nyong windows 7 memiliki User Interface yang mantul(mantap betul). Karena masalah lemot tersebut banyak yang berpindah ke windows 8/windows 10. Nah..untuk kalian yang masih menggunakan OS windows 7, mari kita simak beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Membuang Aplikasi Bawaan Windows
    Biasanya aplikasi bawaan sangat jarang kita gunakan atau mungkin tidak pernah, namun aplikasi tersebut ada dan terinstall pada laptop kita. Mungkin masalah ini seperti selalu ada namun tidak dianggap (sedih sih tapi rela bagi-bagi). Daripada aplikasi tersebut hanya memenuhi space pada hardisk atau memori internal kita, lebih baik aplikasi tersebut kita buang dengan cara mengUninstall aplikasi bawaan tersebut.

2. Mempercepat Waktu Booting
    Booting komputer adalah proses perjalanan penyalaan komputer awal sampai pengambilalihan sistem operasi secara penuh terhadap perangkat. Sistem Operasi windows 7 akan booting lebih cepat dengan kita memperbanyak jumlah processor yang digunakan pada saat booting. Langkah-langkahnya :
  • Klik start atau bisa kita lakukan dengan cara menekan tombol dengan logo windows+r, kemudian ketik msconfig dan tekan tombol enter.
  • Klik tab Boot pada jendela System Configuration dan pergi ke bagian Advanced Options.
  • Masukkan jumlah nomor processor yang akan kita gunakan saat proses pada kolom Number of Processors jika tidak bisa diklik, terlebih dahulu kita ceklis pada Number Of Processor tersebut.
  • Klik Apply dan restart Laptop, lalu anda akan dapat merasakan perubahannya.
3. Nonaktifkan Startup Yang Kurang Penting
    Startup adalah aplikasi yang otomatis dijalankan oleh Sistem Operasi ketika kita menyalan komputer tanpa kita harus menjalankan aplikasi itu terlebih dahulu. Karena demikian, memori pada laptop kita akan terkuras oleh aplikasi-aplikasi startup yang kurang penting tersebut. Kita bisa menyortir aplikasi-aplikasi apa saja yang akan kita jadikan startup, namun jangan menonaktifkan aplikasi yang kita gunakan sebagai proteksi pada laptop seperti antivirus dan lain sebagainya. Langkah-langkah konfigurasi hampir sama seperti konfigurasi Number Of Processor pada windows 7, yaitu :
  • Klik start atau bisa kita lakukan dengan cara menekan tombol dengan logo windows+r, kemudian ketik msconfig dan tekan tombol enter.
  • Klik tab Startup pada jendela System Configuration kemudian hilangkan tanda ceklis pada aplikasi yang menurut kita kurang penting.
  • Klik Apply dan restart Laptop, lalu anda akan dapat merasakan perubahannya.

4. Singkirkan Gadgets yang ada dibagian Desktop
    Gadgets yang kita tambahkan pada Desktop akan membuat laptop kita lemot apalagi ketika baru pertama kali menjalankan/menyalakan laptop. Karena Sistem Operasi akan menjalankan seluruh gadget terlebih dahulu. Maka dari itu lebih baik kita menyingkirkan gadget yang ada untuk mengoptimalkan kinerja Windows 7 pada laptop kita.

5. Cek Virus Secara Berkala
    Virus dan sejenisnya dapat menjadi masalah utama penyebab laptop kita lemot. Pilih juga antivirus recommeded sehingga virus-virus yang bersembunyi dapat ketahuan. Kita harus mengecek virus dengan antivirus secara berkala, karena kita tidak tahu kapan virus akan masuk pada komputer kita.

Hanya itu yang Nyong dapat sampaikan untuk mengatasi lemot tanpa harus mengganti harddisk yang spacenya penuh atau mengganti ram karena ram terlalu kecil. Semoga laptop teman-teman menjadi lancar kembali. aamiin
Arigatto :)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

1 comments: