Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kantuk atau 'ngantuk' adalah kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini biasa terjadi pada malam hari ataupun terkadang di siang hari, dan merupakan hal yang wajar. Rasa kantuk sendiri umumnya muncul karena kurang tidur. Namun anda harus mewaspadai jika anda mengalami rasa kantuk yang berlebih.Mengantuk berlebihan bukan kondisi yang normal, bukan juga kemalasan. Mengantuk berlebihan bisa diatasi, atau diobati. Sayang jika diabaikan begitu saja, berikut beberapa faktor dan cara mengatasi rasa kantuk berlebih :

Faktor Penyebab Ngantuk
Rasa ngantuk yang muncul saat beraktivitas pada siang hari umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:


  • Kurang tidur

Beberapa efek kurang tidur, yaitu mudah ngantuk, kesulitan mengendalikan emosi, dan respons melambat. Selain karena kurang tidur, ngantuk juga bisa disebabkan karena terlalu banyak tidur. Menurut penelitian, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam, justru lebih mudah merasa ngantuk keesokan harinya.

  • Stres dan depresi

Stres dan depresi menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak pada malam hari dan membuat mereka merasa ngantuk pada siang hari. Depresi juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah gangguan tidur, misalnya insomnia, apnea tidur obstruktif, dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

  • Dehidrasi

Kurangnya asupan air minum atau dehidrasi akan membuat tubuh cepat lelah dan rasa ngantuk akan muncul. Air putih sangat penting untuk memastikan semua sistem di dalam tubuh Anda bekerja dengan baik, sekaligus membantu memaksimalkan energi saat melakukan aktivitas fisik.

  • Makan tidak sehat dan konsumsi kafein terlalu banyak

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan ngantuk, termasuk mengonsumsi kafein dan alkohol terlalu banyak. Untuk itu, usahakan selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi secara teratur.

  • Jarang bergerak

Berdiam diri terlalu lama di depan komputer atau di atas meja akan membuat tubuh merasa lelah dan ngantuk. Untuk mengatasinya, cobalah untuk berolahraga ringan di sela-sela kegiatan Anda di kantor. Dengan begitu, sirkulasi darah di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.


Cara Menghilangkan Ngantuk
Cara menghilangkan ngantuk yaitu memperoleh waktu tidur yang cukup setiap hari. Tidur kurang dari 8 jam, dapat menimbulkan rasa ngantuk pada siang hari.
Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan memajukan waktu tidur. Tetapi jika tidak memungkinkan, tidur siang sekitar 30-60 menit dapat membantu menghilangkan ngantuk.
Selain itu, beberapa cara berikut ini juga dapat membantu menghilangkan ngantuk saat beraktivitas:

  1. Bangun dari tempat duduk lalu berjalanlah sekitar 10 menit jika Anda mulai merasa ngantuk saat bekerja.
  2. Istirahatkan sejenak mata Anda dan alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit.
  3. Mengonsumsi makanan ringan yang rendah gula, seperti kacang, buah-buahan segar, atau yoghurt.
  4. Jika Anda berada di ruangan yang redup, cobalah untuk menyalakan lampu untuk mengusir rasa ngantuk.
  5. Berbincang dengan rekan kerja juga bisa menjadi solusi jitu untuk menghilangkan ngantuk.
  6. Tarik napas yang dalam untuk meningkatkan kadar oksigen di dalam darah dan energi di dalam tubuh.
  7. Minum air putih lebih banyak untuk mencegah dehidrasi. Sebab, rasa ngantuk bisa muncul ketika tubuh kekurangan cairan.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: